Cabut Baiat, 363 Eks NII Kembali ke Pangkuan NKRI

Sebanyak 363 mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Dharmasraya bersumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini sekaligus penegasan mereka keluar dari baiat NII.

Jos Batuah
Rabu, 27 April 2022 | 21:38 WIB
Cabut Baiat, 363 Eks NII Kembali ke Pangkuan NKRI
Foto: Hendra

Sebanyak 363 mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Kabupaten Dharmasraya bersumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini sekaligus penegasan mereka keluar dari baiat NII.

Momentum 'kembali ke pangkuan NKRI' ini diselenggarakan di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (27/4/2022). Mereka yang mantan anggota kelompok NII mengenakan ikat kepala merah putih sebagai tanda sumpah setia kepada NKRI. 

Mereka terdiri dari orang dewasa pria dan wanita, bahkan anak-anak. Dalam acara cabut baiat itu, salah seorang di antara warga membacakan sumpah dan diikuti oleh ratusan lainnya. Mereka menyatakan akan mengakui Pancasila, tidak bertentangan dengan syariat Islam, setia pada UUD 1945, dan setia kepada NKRI.

Dikatakan Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, pihaknya mencatat ada 363 anggota kompok NII mengikut pencabutan baiat. Jumlah yang terdata itu merupakan hasil penyelidikan oleh Diskrimsus Mabes Polri di Dharmasraya.

 
“Jumlah warga yang mengikuti baiat hari ini merupakan hasil penyelidikan Diskrimsus Mabes Polri yang terdata sebanyak 363 orang,” ujar Nurhadiansyah.

Menurutnya, pasca penangkapan terduga teroris pada bulan Maret 2022 lalu, sangat banyak warga Dharmasraya yang datang melapor ke Polres Dharmasraya. Mereka melapor karena kebingungan, sebab ada 12 orang yang ditangkap itu adalah anggota yang aktif mengikuti pengajian.

“Bahkan, warga kami mengaku tidak tahu kalau itu kelompok NII, kami bersama bupati sempat berpikir mereka juga korban dari penyesatan pikiran NII ini,” ungkapnya.

 
Adanya baiat massal kembali ke NKRI ini, kata Nurhadiansyah, keresahan warga itu terjawab sudah. Sementara, menurutnya, juga masih tersisa beberapa orang lagi yang belum ikut baiat dan pihaknya akan mengajak mereka cabut baiat nantinya.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, atas nama pemerintahan daerah memyampaikan bahwa kegiatan baiat ini untuk mengajak masyarakat kembali setia ke NKRI.

Ke depannya, Sutan Riska berharap warga lebih selektif lagi dalam mengikuti kegiatan, agar dapat meningkatkan tatanan kehidupan bernegara serta memingkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Kami berharap semangat bagi kita untuk membangun Dharmasraya dan Indonesia, dengan rahmat dan ridho Allah,” katanya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 16 orang terduga teroris jaringan NII di wilayah Sumbar. Polisi menduga NII Sumbar memiliki rencana untuk melengserkan pemerintah sebelum Pemilu 2024.

“Barang bukti yang ditemukan juga menunjukkan sejumlah rencana yang tengah dipersiapkan oleh jaringan NII Sumatra Barat yakni upaya melengserkan pemerintah yang berdaulat sebelum tahun Pemilu 2024,” ujar Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Aswin mengatakan pihaknya juga menemukan barang bukti lain berupa dokumen. Dia menduga NII Sumbar memiliki rencana mengganti ideologi Pancasila seperti NII Kartosuwiryo.

“Sejumlah barang bukti yang ditemukan dalam bentuk dokumen tertulis menunjukkan bahwa jaringan NII di Sumatra Barat memiliki visi-misi yang sama persis dengan NII Kartosuwiryo, yakni mengganti ideologi Pancasila dan sistem pemerintahan Indonesia saat ini dengan syariat Islam, sistem khilafah dan hukum Islam,” ungkapnya.

Aswin mengatakan, bahwa NII Sumbar juga memiliki potensi ancaman dengan senjata tajam golok. Polisi pun menemukan barang bukti berupa golok panjang dari salah satu tersangka. (Madi)

News

Terkini

Beberapa waktu lalu, Semen Padang FC mengusulkan agar Liga 2 2022 menggunakan format dua wilayah.

Bola | 16:23 WIB

Saat geladi resik di Istana Merdeka, Presiden Jokowi memberikan nasehat kepada penyanyi cilik Farel Prayoga.

News | 13:49 WIB

Usai menjuarai Piala AFF U-16, para pemain timnas Indonesia menghadiri Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta.

Bola | 12:38 WIB

Lucinta Luna blak-blakan soal operasi yang sudah dijalaninya saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier.

News | 17:25 WIB

Anang Hermansyah memberi sinyal ingin kembali ke kursi parlemen

News | 16:06 WIB

Sebelum dilepaskan, keempat ekor kukang itu dinyatakan sehat oleh dokter hewan.

News | 13:38 WIB

Viral seorang pedagang di Nganjuk yang menjual nasi goreng dengan harga Rp1.000 namun porsinya banyak.

Lifestyle | 11:57 WIB

Penyidik Bareskrim menyita sejumlah barang bukti dalam penangkapan tersebut.

News | 10:40 WIB

Dua rumah milik Anisa Bahar yang dijual itu berada di daerah Bogor.

News | 09:25 WIB

Selain menghadiri upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, para pemain berkemungkinan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Bola | 18:35 WIB

Alfamart menolak tindak intimidasi yang dilakukan terhadap pegawai yang telah berupaya menjalankan tugas dengan baik.

News | 15:17 WIB

Banjir bandang melanda Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok, pada Minggu (14/8/2022).

News | 13:53 WIB

Kesederhanaan perayaan Ultah Rafathar Malik Ahmad putra sulung Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

News | 13:45 WIB

Ayu terang-terangan memanggil Ivan Gunawan dengan sebutan sayang

News | 11:45 WIB

Nathalie Holscher mengungkapkan bahwa dirinya merasa lebih senang tinggal berdua dengan sang anak.

News | 11:15 WIB
Tampilkan lebih banyak