Polisi Tetapkan 5 Pelaku Dugaan Kasus Pemukulan Anggota Brimob Polda Sumbar, Kompol Dedy: Jandia Masih Saksi dan Wajib Lapor

Lima orang ditetap sebagai pelaku dugaan kasus pemukulan terhadap salah satu personel Brimob Polda Sumbar. Sementara itu, Jandia Eka Putra masih berstatus saksi.

Wista Yuki
Selasa, 10 Mei 2022 | 12:24 WIB
Polisi Tetapkan 5 Pelaku Dugaan Kasus Pemukulan Anggota Brimob Polda Sumbar, Kompol Dedy: Jandia Masih Saksi dan Wajib Lapor
canva.com

Ranah - Polisi menetapkan lima orang sebagai pelaku dugaan kasus pemukulan salah satu personel Brimob Polda Sumbar bernama Briptu Fauzi. Sementara itu, lima orang lainnya masih berstatus sebagai saksi.

Lima orang yang terlibat pemukulan tersebut yaitu, dua di antaranya merupakan anak bawah umur. Anak yang berkonflik dengan hukum ini berinisial ME (17) dan FK (13).

Selanjutnya, tiga orang pelaku dewasa yaitu berinisial SR (48), DW (32) dan DWP (27). 

"Jadi perkembangan penyidikan sementara yang kami tetapkan lima orang sebagai pelaku, dua di antaranya anak bawah umur," ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra. 

Dedy menambahkan, untuk lima orang lainnya termasuk Kiper PSIS Semarang Jandia Eka Putra, masih ditetapkan sebagai saksi dan wajib lapor. Hal ini guna untuk mempermudah pemeriksaan lanjutan dalam penyidikan. 

"Untuk yang lain, termasuk Jandia masih saksi. Saksi belum ada yang mengarah ke Jandia (terlibat)," ucap Dedy.

Diketahui, pemeriksaan terhadap Jandia Eka Putra yang juga mantan penjaga gawang Semen Padang FC itu berlangsung hingga Selasa (10/5/2022) subuh.

Hasil pemeriksaan Jandia Eka Putra, terang Dedy, mengaku hanya melerai. Namun pihaknya akan mencari saksi tambahan dari luar yang diamankan sebelumnya. 

"Dia (Jandia) memang memegang korban, tapi klarifikasi dia untuk melerai. Jadi dipegangnya dan dirangkul untuk melerai. Ini keterangan sementara dari saksi dari mereka, saksi dari luar yang kami kesulitan mencari," beber Dedy.

Dalam kasus ini kata Dedy, Jandia Eka Putra dan empat orang saksi lainnya telah dipulangkan.

"Selebihnya kami pulangkan, tapi kami masih dalami keterangannya, kami wajib lapor. Kasus masih berjalan," beber Dedy.

Terpisah, Jandia Eka Putra membantah dirinya ikut terlibat dalam aksi pemukulan salah seorang anggota Brimob Polda Sumbar, Briptu Fauzi. Ia mengaku hanya melerai. 

"Saya yang berusaha melerai kejadian tersebut, artinya berita itu tidak benar adanya," ungkap Jandia Eka Putra, Selasa (10/5/2022). 

Pemain bernomor punggung 30 ini mengaku statusnya saat ini hanya sebatas saksi. Sebab dirinya berada di lokasi kejadian. 

"Saya di sini statusnya hanya sebagai saksi," singkatnya. 

Sebelumnya, penyidik Polresta Padang memeriksa 10 orang dalam kasus dugaan penganiayaan salah satu personel Brimob Polda Sumbar.

Diketahui, peristiwa penganiayaan ini terjadi di kawasan Pantai Pasir Jambak, Kota Padang, Sumbar, Minggu (8/5/2022). Korban mengalami luka memar dan goresan di pipi. 

Kronologi kejadian, dimana Keberadaan Jandia Eka Putra di lokasi diketahui sedang bermain sepakbola bersama pemuda setempat. Sedangkan personel Brimob yang menjadi korban sedang berwisata bersama keluarga. 

Di saat itu, bola hampir mengenai keluarga anggota Brimob, sempat ditegur dua kali namun tak diindahkan. Cekcok terjadi hingga berujung pengeroyokan terhadap korban.

News

Terkini

Viral seorang pedagang di Nganjuk yang menjual nasi goreng dengan harga Rp1.000 namun porsinya banyak.

Lifestyle | 11:57 WIB

Selain menghadiri upacara HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, para pemain berkemungkinan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Bola | 18:35 WIB

Alfamart menolak tindak intimidasi yang dilakukan terhadap pegawai yang telah berupaya menjalankan tugas dengan baik.

News | 15:17 WIB

Banjir bandang melanda Nagari Garabak Data, Kabupaten Solok, pada Minggu (14/8/2022).

News | 13:53 WIB

Kesederhanaan perayaan Ultah Rafathar Malik Ahmad putra sulung Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

News | 13:45 WIB

Ayu terang-terangan memanggil Ivan Gunawan dengan sebutan sayang

News | 11:45 WIB

Nathalie Holscher mengungkapkan bahwa dirinya merasa lebih senang tinggal berdua dengan sang anak.

News | 11:15 WIB

Klub kebanggaan Ranah Minang, Semen Padang FC merilis jersey terbaru untuk menghadapi Liga 2 2022.

Bola | 10:44 WIB

Viral di media sosial soal seorang pegawai Alfamart yang memergoki seorang perempuan yang mencuri coklat. Akan tetapi, pegawai Alfamart yang meminta maaf.

News | 10:09 WIB

Persatuan Dukun Nusantara (Pedunu) yang berpusat di Banyuwangi, Jawa Timur, bereaksi antara pendiri Padepokan Nur Dzat Sejati, Gus Samsudin dengan Pesulap Merah, yang viral akhir-akhir ini.

News | 11:04 WIB

Hingga saat ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran belum menunjuk pengganti kelima Pamen tersebut.

News | 20:49 WIB

Marshel Widianto baru-baru ini memposting soal Instagramnya yang difollow oleh akun BNN.

News | 18:26 WIB

Kafiatur Rizky mengaku sempat kecewa karena tidak bisa berfoto dengan kedua orang tuanya di lapangan usai final Piala AFF U-16 2022.

Bola | 15:38 WIB

Raffi Ahmad menghubungi Nagita Slavina untuk menyampaikan keinginannya membantu membayar tagihan berobat Marshanda di rumah sakit jiwa di Amerika Serikat.

News | 13:11 WIB

Menpora Zainudin Amali mengharapkan Timnas Indonesia U-16 menjadi tim yang tangguh di masa depan.

Bola | 12:01 WIB
Tampilkan lebih banyak