Ditunjuk Mendagri Jadi Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan Bakal Dilantik Gubernur Sumbar Besok

Mendagri menunjuk Martinus Dahlan sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai. Sekda Kepulauan Mentawai ini akan dilantik oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi pada Minggu (22/5/2022).

Wista Yuki
Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:18 WIB
Ditunjuk Mendagri Jadi Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan Bakal Dilantik Gubernur Sumbar Besok
infopublik.id

Ranah - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai.

Rencananya, Martinus Dahlan akan dilantik sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai pada Minggu (22/5/2022) di Auditorium Gubernuran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar Jasman Rizal mengungkapkan, penunjukan Martinus Dahlan sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.13-1221 Tahun 2022 tanggal 13 Mei 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatra Barat. 

Jasman menambahkan, bahwa sesuai SK tersebut, masa jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai hanya berlaku satu tahun sejak pelantikan.

Kemudian terangnya, selama Martinus Dahlan menjabat sebagai Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, maka yang bersangkutan melepaskan sementara jabatannya sebagai sekretaris daerah dan menunjuk pelaksana tugasnya.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo menambahkan, acara pelantikan dan serah terima jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai oleh Gubernur Sumbar digelar di Auditorium Gubernuran pada pukul 08.30 WIB.

Tanggal pelantikan ini terangnya, sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake yaitu pada  22 Mei 2022.

Hal ini ungkap Doni, juga berdasarkan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Iya benar besok Gubernur melakukan pelantikan, itu juga tepat dengan berakhirnya masa jabatan bupati, selain itu arahannya kita diminta melantik serentak se Indonesia di hari minggu itu,” ucap Doni, Sabtu (21/5/2022).

Menurut Doni, jabatan Pj bupati Mentawai belum tentu sampai Pilkada serentak yang bakal digelar pada bulan November 2024.

SK Pj Bupati itu kata Doni, hanya selama satu tahun. Jika SK nya berakhir sesudah satu tahun, maka dapat diperpanjang dengan orang yang sama atau orang yang baru.

“SK Pj ini hanya satu tahun dalam aturan undang-undang, kemudian bisa diperpanjang dengan orang yang sama atau orang yang berbeda, sampai 2024,” beber Doni.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar sudah mengirimkan tiga nama calon Pj bupati ke Kemendagri yang akan memimpin Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Nama yang dikirimkan kemudian ditetapkan oleh Kemendagri ditandai dengan SK yang selanjutnya diberikan kepada gubernur untuk dilantik.

Calon Pj kepala daerah sesuai aturan boleh diajukan dari pejabat pimpinan tinggi pratama Pemprov Sumbar yaitu Kepala Biro, Kepala Dinas, Sekda di kabupaten kota, dan sejenisnya.

Seperti diketahui, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dan Wakil Bupati Kortanius Sabeleake bakal berakhir jabatannya pada 22 Mei 2022.

Mentawai merupakan daerah pertama di Sumbar yang akan dipimpin Pj hingga Pilkada serentak 2024.

Selain Kepulauan Mentawai, ada satu daerah lagi yang kepala daerahnya akan berakhir tahun ini yaitu Kota Payakumbuh.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 23 September 2022 nanti. (Rahmadi)

News

Terkini

Mantan istri Andika Mahesa, Chairunissa atau Chaca membongkar beberapa hal mengenai mantan suaminya.

News | 10:39 WIB

Ussy Sulistiawaty takjub saat mengetahui uang jajan bulanan yang diterima Aurel Hermansyah dari sang suami, Atta Halilintar.

News | 10:22 WIB

Dalam kunjungannya ke Padang, Ridwan Kamil mengunjungi keluarga dari pelajar yang hanyut di sungai beberapa waktu lalu.

News | 09:36 WIB

Hingga hari keenam pendaftaran, sebanyak 13 parpol sudah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU.

News | 17:08 WIB

Andreas Nahot tidak mengungkapkan alasannya mengundurkan diri sebagai kuasa hukum Bharada E.

News | 15:37 WIB

Semen Padang FC mengusulkan agar liga 2 menggunakan format dua wilayah.

Bola | 13:53 WIB

Baru-baru ini, Marcella Simon memposting foto dirinya sedang dibaptis di media sosial miliknya.

News | 12:27 WIB

Haji Faisal sudah mendatangi Pengadilan Agama Jakarta Barat guna mengambil salinan berkas putusan atas dirinya yang merupakan wali sah dari sang cucu Gala Sky.

News | 11:39 WIB

Video cucu pertama Presiden Joko Widodo, Jan Ethes diantar petugas pengawal saat masuk SD, viral di media sosial.

News | 10:55 WIB

Baru baru ini video viral driver ojol menyita perhatian publik, ternyata karena ini

News | 16:15 WIB

Gilang Dirga mengabarkan kondisi terkini sang ayah yang baru saja menjalani operasi di rumah sakit

News | 14:38 WIB

Baru baru ini Pesulap Merah viral menyita perhatian publik

News | 16:21 WIB

Denise Chariesta menyindir Razman Arif Nasution secara terang-terangan

News | 15:50 WIB

Dewi Perssik kecewa dan menyayangkan kebiasaan Angga Wijaya yang mengambil uang tanpa izin.

News | 14:20 WIB
Tampilkan lebih banyak