Lagi Heboh Kasus Rafael Alun, Heru Budi dan Ketua DPRD DKI Jakarta Bakal Beli Jeep Baru, Anggarannya Rp4,7 Miliar

Meski tak disebut secara rinci tipe Jeep yang akan dibeli, Pemprov DKI membatasi kapasitas atau isi silinder Jeep yang akan dibeli maksimal 4.200 CC.

Zulfikar
Kamis, 02 Maret 2023 | 23:30 WIB
Lagi Heboh Kasus Rafael Alun, Heru Budi dan Ketua DPRD DKI Jakarta Bakal Beli Jeep Baru, Anggarannya Rp4,7 Miliar
Ilustrasi Mobil Jeep (pixabay.com)

Ranah.co.id - Di tengah hebohnya kasus mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo beserta keluarganya yang dinilai kerap pamer harta kekayaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta malah akan membeli mobil jeep baru.

Mobil jeep itu bakal digunakan sebagai kendaraan dinas Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi.

Tak tanggung-tanggung, anggaran untuk membeli kendaraan dinas berupa jeep tersebut mencapai Rp4,7 miliar.

Rencana belanja Pemprov DKI Jakarta untuk membeli jeep baru itu tertuang dalam situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (Sirup LKPP). Alokasi tercantum anggaran UPT Pusat Penyimpanan Barang Daerah Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta.

Baca Juga:Teddy Minahasa Melawan, Cecar Ahli Digital Firensik di Persidangan

Paket pengadaan Jeep kepala daerah dan ketua dewan di Ibu Kota ini dibuat secara terpisah.

"Nama KLPD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Satuan kerja Pusat Penyimpanan Barang Daerah. Lokasi pekerjaan Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 1 Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Administrasi Jakarta Timur," tertulis dalam keterangan di situs LKPP yang dikutip, Kamis (2/3/2023).

Dalam keterangan tersebut, disebutkan mobil Jeep yang akan dibeli berjumlah dua unit, satu untuk Heru dan satu lagi untuk Prasetio.

"Volume pekerjaan satu unit. Uraian pekerjaan pengadaan kendaraan dinas bermotor perseorangan Pj Gubernur," bunyi rincian pembelian itu.

"Volume pekerjaan satu unit. Uraian pekerjaan pengadaan kendaraan dinas bermotor perseorangan Ketua Dewan," lanjut keterangan tersebut.

Baca Juga:Erick Thohir Pastikan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Tidak akan Diganti

Meski tak disebut secara rinci tipe Jeep yang akan dibeli, Pemprov DKI membatasi kapasitas atau isi silinder Jeep yang akan dibeli maksimal 4.200 CC.

Masing-masing nilai pagu anggaran Jeep yang dialokasikan untuk Heru dan Prasetio setara, yaitu senilai Rp2,37 miliar per unit.

Meskipun demikian, metode pemilihan belanja Jeep untuk Heru dan Prasetio berbeda. Pengadaan Jeep untuk Heru dilakukan dengan sistem tender, sementara Prasetyo melalui e-purchasing.

Pemilihan penyedia Jeep untuk Heru dan Prasetio ini jadwalnya bakal dilakukan mulai Februari hingga Maret 2023 dan dilanjutkan pada pelaksanaan kontrak pada Maret hingga April 2023. Sementara, pemanfaatan hasil pengadaan kendaraan dinas listrik ini mulai bulan April 2023.

Diketahui, dalam APBD tahun 2023, Pemprov DKI juga mengalokasikan anggaran 23 mobil listrik merek Hyundai Ioniq 5 varian Signature untuk kendaraan dinas pejabat utama. Metode pengadaan mobil dinas listrik Pemprov DKI ini berupa e-pruchasing, dengan pagu anggaran yang dialokasikan sebesar Rp20,3 miliar.

News

Terkini

Pelatih Lebanon, Miguel Moreira mengungkapkan alasan anak asuhnya kalah saat menghadapi Timnas Indonesia.

Bola | 15:30 WIB

Meksi Timnas Indonesia sempat mengalami kekalahan di laga uji coba pertama lawan Lebanon, namun Skuad Garuda bisa sabet Emas SEA Games 2023.

Bola | 11:39 WIB

Ketum PSSI Erick Thohir akan bertemu dengan Shin Tae-yong.

News | 22:26 WIB

Ketum PSSI Erick Thohir mengungkapkan alasan Timnas Indonesia U-22 kalah saat menghadapi Lebanon.

Bola | 21:54 WIB

Shandy Aulia dan David Herbowo diketahui menikah pada 12 Desember 2011.

News | 22:59 WIB

Pelantikan AKBP Rully Indra Wijayanto sebagai Wakapolresta Padang dilakukan pada Jumat (14/4/2023).

News | 17:10 WIB

Selain Padang, Pelita Air juga buka rute baru ke Palembang dan Pekanbaru.

News | 15:20 WIB

Ketum PSSI Erick Thohir menanggapi soal proses naturalisasi tiga pemain keturunan, Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Bola | 10:59 WIB

Erick Thohir berencana akan berdiskusi dengan Shin Tae-yong.

Bola | 10:30 WIB

Presiden Jokowi memberi kesempatan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga,

News | 23:40 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyerahkan kepada pihak pemilik ruko untuk merapikan sisi bangunan yang melanggar.

Metropolitan | 19:21 WIB

General Manager PT JIExpo, Oki Setiawan mengatakan, penambahan layanan khusus ini merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan JIExpo pada tahun lalu.

Metropolitan | 19:08 WIB

Untuk harga tiket pameran tanpa konser berbeda-beda tergantung harinya. Untuk hari Senin Rp 30.000, Selasa-Kamis Rp 40.000, dan Jumat-Minggu Rp 50.000.

Metropolitan | 18:02 WIB

Ajang pameran dan hiburan bertaraf se-Asia Tenggara ini bakal berlangsung selama 33 hari mulai tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2023.

Metropolitan | 17:18 WIB

Jenita Janet kini sudah mantap berhijab walau harus kehilangan banyak pekerjaan.

Gosip | 19:33 WIB

Dua hari setelah menulis surat terbuka, aduan Jedar terkait dugaan kasus penipuan yang menimpanya akhirnya ditanggapi oleh Kapolri.

Gosip | 19:17 WIB

Namun, hubungan Fuji dan Thoriq semakin membaik dari sebelumnya.

Gosip | 19:17 WIB

Pengakuan Inara Rusli viral saat berniat ingin membeli lingerie.

Gosip | 19:02 WIB

Keputusan Jenita Janet berhijab pun didukung penuh oleh warganet.

Gosip | 18:51 WIB
Tampilkan lebih banyak